Rahasia Mencari Judul Skripsi dengan Mudah

Bagi kalangan mahasiswa, persoalan yang paling menguras banyak fikiran, tenaga, keuangan dan waktu, ialah persoalan judu skrispi. Bisa dikatakan masa-masa pengerjaan skripsi merupakan masa-masa penentu akan lama atau cepat kah waktu kuliahmu.

tips mencari judul skripsi (pustakananggroe.blogspot.co.id)
Sebenarnya lamanya proses pembuatan skripsi disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari disibukkan dengan pekerjaan, dosen pembimbing yang susah ditemui, sampai kesulitan dalam mencari judul dan bahan untuk skripsi. Nah, tulisan ini khusus akan mengulas tentang tips mencari judul skripsi tanpa susah dan pasti di Acc dosen pembimbing.

1. Tips mencari judul skripsi yang pertama, carilah tema skripsi dari mata kuliah yang paling kamu sukai

Biasanya setiap mahasiswa memiliki mata kuliah andalan yang paling ia sukai. Dibandingkan dengan mata kuliah lainnya, ia paling antusias jika mengikuti mata kuliah ini. Biasanya atas dasar alasan suka inilah ia memilih jurusan yang terdapat mata kuliah tersebut.
Semisal, kamu sangat mencintai berbicara di depan umum, sehingga kamu mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, agar bisa belajar public speaking. Nah, kamu disini sangat menyukai mata kuliah public speaking, usahakan carilah tema public sepaking untuk dijadikan judul skripsi.

Mata kuliah yang disuaki lebih mudah dijadikan skripsi (reezkypradata.com)
Kenapa harus dari mata kuliah yang disukai? Karena hal tersebut akan membuat kamu lebih mudah dalam proses pengerjaan skripsi. Sebab, biasanya kamu lebih memahami dan menguasai teori dari mata kuliah yang kamu sukai. Selain itu, mengambil tema dari mata kuliah yang kamu sukai juga bisa mengurangi tingkat kesetresan kamu saat mengerjakan skripsi.

2. Tips mencari judul skripis yang kedua, tentukan satu teori yang paling kamu pahami dan kembangkan ke dalam bingkai persoalan

Biasanya, saat kamu mengajukan judul skripsi kepada dosen pembimbing, maka dosen tersebut akan menguji sejauh mana kamu memahami teori dan persoalan yang akan kamu teliti. Jika kamu dirasa kurang menguasai teori yang akan kamu gunakan untuk penelitian skripsi, maka kecil kemungkinan judul skripsimu akan di Acc oleh dosen pembimbing.
Nah, agar judul kamu di terima oleh dosen pembimbing, yakinkanlah dosenmu dengan pemaham kamu yang mumpuni terhadap teori yang akan kamu gunakan dalam penelitian skripsi tersebut. Untuk itu, carilah tema skripsi dari satu teori yang kamu benar-benar faham sampai ke seluk-beluknya.

Teori yang dikuasai menjadi modal utama membuat skripsi (hipwee.com)
Misalnya, kamu sangat faham dengan teori agenda setting media massa. Kamu bahkan tahu seluk beluk, tokoh penggagas, dan segala apa yang dibahas dalam teori tersebut. Kamu bisa mengembangkan teori tersebut ke persoalan kekinian yang ada.
Nah sampai disini kamu sudah menemukan tema dan teori yang siap dijadikan judul skripsi. Jika kamu bisa melakukan demikian, besar kemungkinan judul skripsimu akan di Acc dosen pembimbingmu.

3. Gunakan teknik ATM

Buat kamu yang sering ikut seminar motivasi, tentu sangat faham dengan teknik yang satu ini, yakni teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Yah, menurut para pakar motivator, salah satu cara agar kita bisa sukses yakni dengan mengamati orang yang telah sukses, meniru kebiasaan dan budaya kerjanya, serta modifikasi guna membaruan.

Nah, teknik tersebut juga bisa kamu gunakan saat kamu kesusahan dalam mencari judul skripsi. Carilah skripsi kaka angkatanmu yang sejurusan dan se-konsentrasi, lalu cari tema yang menurut kamu cukup mampu kamu atasi, lalu modifikasi tema pembahasan skripsi tersebut.

Amati, tiru, dan modifikasi skripsi orang lain (luthfan.com)
Misal saja, kakak seniormu yang sudah wisuda membuat skripsi dengan judul, “Pengaruh Sinetron Anak Jalanan Terhadap Kebiasaan Tawuran Pelajar SMA di Kota Surabaya”, kamu bisa meniru dan memodifikasinya menjadi “Pengaruh Sinetron Religi Taubat Terhadap Peningkatan Minat Ibadah Pelajar SMA di Surabaya,”
Jika kita melihat kedua judul skripsi tersebut, keduanya memiliki kesamaan, yakni di metode analisis dan teori yang digunakan. Keduanya menggunakan teori pengaruh media massa terhadap khalayak. Perbedaan kedua skripsi ini terletak pada subjek dan objek penelitian.
Nah itulah teknik ATM yang dimaksud dalam tips mencari judul skripsi. Amati skripsi yang ada, tiru gaya dan metodenya, serta modifikasi beberapa bagian agar kamu tidak termasuk ke dalam plagiatisme.

4. Tips mencari judul skripsi keempat, carilah persoalan yang sedang banyak diperbincangkan

Nah, kalau untuk persoalan yang satu ini memang agak susah dan jarang ditemukan. Hanya untuk jurusan-jurusan tertentu yang bisa mendapatkan judul skripsi dari persoalan yang sedang menjadi buah bibir masyarakat.
Namun jika kamu berhasil mendapatkan judul dari tema ini, kemungkinan di Acc dosen pembimbing sangat besar. Alasannya kenapa? Sebab kamu merupakan orang pertama yang meneliti tentang tema tersebut.

Angkatlah persoalan yang sedang hangat diperbincangkan menjadi skripsi (okeinfo.net)
Semisal saja, di masyarakat sedang ramai dengan masa kampanye calon presiden, jika kamu anak Ilmu Komunikasi, kamu bisa meneliti tentang bagaimana komunikasi politik pasangan calon presiden X.
Selain karena belum ada yang meneliti karena masih baru, dosen pun biasanya akan menerima judul tersebut karena penasaran dengan hasil penelitianmu yang objek penelitiannya sedang hangat-hangatnya.

5. Konsultasi dan minta saran dari dosen pembimbing

Sebenarnya cara yang terakhir ini bisa dikatakan cara putus asa, atau cara pasrah. Karena capek mencari sendiri tidak juga menemukan judul, akhirnya meminta bantuan kepada dosen pembimbing akademikmu. Namun meskipun demikian, tips mencari judul skripsi yang satu ini sangat direkomendasikan oleh pihak kampus manapun.
Alasannya, karena memang salah satu tugas dosen pembimbing akademik (DPA) ialah menuntun mahasiswanya ketika kebingungan mencari tema dan judul skripsi. Selain itu, hasil konsultasi dengan DPA biasanya sangat baik dan kemungkinan besar di Acc.

jangan segan-segan untuk konsultasi dengan DPA (abundantmarketingsm.com)
Jadi, jangan segan atau malu jika kamu harus konsultasi dengan DPA mu untuk membicarakan skripsimu. Kabar buruknya, biasanya DPA susah ditemukan..
Itulah 5 tips mencari judul skripsi dengan mudah yang hampir bisa dipastikan di Acc oleh dosen pembimbing. Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman yang lain. Semoga cepat lulus guys. Sebab menunda skripsi sehari sama dengan menunda menikah sehari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Burung Garuda dan Asal Usulnya Menjadi Simbol Negara

Yuk Berkunjung Ke Wisata Wonosobo Terindah Berikut

Berlibur di Semarang? Yuk Berkunjung ke Tempat Wisata Ini